Kanker Payudara

Awas! Sel Kanker Payudara Dapat Menyebar Hingga ke Bagian Tulang!

KANKER.NEWS, JAKARTA – Penderita kanker payudara yang sudah memasuki stadium lanjut memiliki resiko akan penyebaran sel-sel kanker (metastatis) di bagian tulang. Sebuah data menunjukkan, sekitar 70-80% penderita kanker payudara stadium lanjut mengalami penyebaran sel kanker sampai pada tulang.
Dokter spesialis bedah onkologi, Walta Gautama mengatakan, ada 60-70% pasien yang menderita kanker payudara 2B ke atas memang beresiko hal tersebut. Walta menegaskan pula bahwa tulang ialah jaringan yang paling digemari oleh sel-sel kanker untuk bertumbuh.
Pertama, sel-sel kanker payudara menyebar pada pembuluh darah, kemudian masuk ke jaringan-jaringan tulang. Kedua, jariingan tulang pun akan merespon dengan mengeluarkan zat-zat pendukung berkembangnya sel kanker. Setelah itu, sel kanker dari payudara akan memasuki tulang serta membuat sel-sel kanker itu aktif kembali, sambung Walta.
Walta juga menambahkan, penyebaran tersebut relatif berlangsung secara lambat, namun bisa menyebabkan kualitas hidup penderitanya akan menurun. Coba bayangkan, jika ada seseorang yang awalnya saat beraktifitas baik-baik saja, tetapi setelah mengalami gangguan pada tulang dan tulangnya patah, dapat membuat seseorang tersebut menjadi drop.
Untuk menghentikannya, diperlukan pemberian obat anti-nyeri serta melakukan terapi radiasi guna mematikan proses penyebaran dan selaput pada tulang akibat hadirnya sel kanker payudara, tutup Walta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *