Kanker,  Kanker Payudara

Biopsi Dapat Memperparah Kanker Payudara, Benarkah Demikian?

Kanker.News – Jakarta, Timbulnya benjolan pada payudara itu tidak selalu merupakan manifestasi dari kanker payudara. Kegenasan dari benjolan dapat diketahui dari tindak diagnostik biopsi. Akan tetapi, kebanyakan perempuan merasa khawatir akan tindakan tersebut karena takut kanker payudara bisa menyebar di dalam tubuh.
Spesialis Bedah Konsultan Bedah Onkologi, RS Pondok Indah dr M Yadi Permana SpB (K), menegaskan, tidak ada masalah setelah melakukan biopsi. Penyebaran kanker payudara sebenarnya terjadi sebab ketidakmauan pasien untuk menjalani terapi pengobatan yang benar sesuai saran para medis. Jadi, bukan sebab melakukan biopsi, namun karena tidak mau menjalani terapi. Tidak jarang pula para pasien lebih memilih pengobatan alternatif / herbal yang belum tentu berstandar , daripada terapi pengobatan yang disarankan dokter.
Yadi memberi peringatkan bahwa sampai saat ini belum ada pengobatan herbal apapun untuk penyembuhan penyakit kanker. Terkait dengan pengobatan alternatif kanker payudara sendiri, masih hanya testimoni. Seharusnya, syarat dari suatu pengobatan pada pasien perlu melewati 3 tahapan uji klinis sebelumnya.
Banyak sekali pasienpada stadium awal yang tidak mau menjalani terapi, hingga akhirnya kanker payudara mereka pun memasuki kanker payudara stadium lanjut.
Tambahan dari Yadi, agar bisa mengetahui jenis kanker, perlu dengan core biopsi / biopsi bedah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *