Kanker,  Kanker Pada Wanita,  Kanker Serviks

Cegah Penyakit Kanker Serviks Dengan Melakukan Vaksinasi HPV Bagi Semua Kalangan Usia

KANKER.NEWS, JAKARTA – jantung seorang ibu yang berusia 58 tahun terasa berhenti berdetak setelah dokter mendiagnosanya terkena penyakit kanker serviks stadium IB. Padahal, Ia tidak memiliki satu keturunan pun yang pernah mengidap penyakit kanker jenis apapun.    
 
Namun, Ibu tersebut terbilang masih beruntung karena penyakit kanker yang Ia derita terdeteksi dari awal dan penyebaran sel kanker belum ada.
Dr. Andi Dharma Putra, selaku Sp.OG(K) dari RS Cipto Mangunkusumo kota Jakarta, mengatakan, pada umumnya penderita kanker serviks datang ke para medis dalam kondisi sudah mengidap penyakitnya serta memasuki stadium lanjut.
Perlu kalian ketahui, ada sebuah virus yang menjadi penyebab paling utama dari kanker serviks, yakni virus HPV (Human Papilloma Virus). Penyakit kanker yang satu ini menduduki peringkat ke-2 dengan jumlah kasus cukup banyak, termasuk di negara Indonesia.
Dr. Andi juga menerangkan, penyakit kanker ini diawali dari permukaan serviks serta seiring berjalannya waktu, bisa menembus pada sel basal dan menyebabkan infeksi serta menimbulkan terjadinya karsinoma invasif.
Kenneth Alexander, MD, Ph.D. dari Ne mours Childern’s Hospital, Florida Amerika Serikat beranggapan bahwa pemberian vaksin HPV untuk pencegahan kanker serviks sangatlah penting dilakukan mengingat gejala penyakit yang tidak dapat dideteksi secara kasat mata.
Menurut beliau, Amerika Serikat kurang berupaya terkait vaksinasi ini karena pemberian vaksinnya sering dilaksanakan pada klinik, sedangkan sekolah, kurang bisa dijangkau.
 
Prof. Kenneth juga menambahkan, ada sebanyak 85.000 wanita yang meninggal dunia karena terserang kanker serviks akibat virus HPV. Hal itu sama seperti jumlah orang yang tewas saat kecelakan pesawat Boeing 747.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *