Kanker

Cryotherapy, Jadi Senjata Alternatif Lain Untuk Melawan Penyakit Ganas Kanker

KANKER.NEWS, JAKARTA – Cryo merupakan salah satu alternatif pengobatan kanker yang paling aman. Namun, efektivitasnya sampai sekarang masih dalam tahap uji. Di masa depan, metode terapi ini jadi harapan di kalangan medis.
Banyak sekali masyarakat yang mendengar atau mengenal kata “ terapi kanker “. Metodenya pun bermacam-macam, seperti halnya kemoterapi. Kemoterapi adalah salah satu metode penyembuhan kanker yang bekerja sebagai penghambat tumbuhnya sel kanker pada tubuh pasien. Akan tetapi, metode ini memliki efek samping, yakni mual / muntah, rambut rontok, penurunan jumlah sel darah putih dan sel darah merah serta menurunnya kadar trombosit dalam tubuh.
Namun, di zaman sekarang ini, metode terapi Cryo mulai naik daun lagi setelah sebelumnya pernah ditinggalkan. Istilah Cryo sendiri dibawa oleh seorang pemain sinetron, bernama Yana Zein, asal Guangzhou, Cina.
Dokter yang pertama kali menggunakan Cryotherapy ini adalah James Arnott. Beliau memakai larutan garam yang dicampur dengan butiran es dingin untuk menjadi obat penawar kanker dan mampu menjangkau bagian-bagian tubuh lain, seperti serviks dan payudara.
Suhu yang Ia gunakan dalam temuannya ini adalah 18-24 derajat Celcius. Suhu tersebut pun terbukti mampu memperpanjang usia / harapan hidup pasien penderita kanker. Seperempat abad kemudian, teknologi pencairan gas pada atmosfer ikut dikembangkan. Dan akhirnya, semuamya itu membuat metode Cryo semakin sempurna. Penelitian-penelitian lanjutannya pun terus dilakukan agar perkembangan metode terapi Cryo tetap berjalan.
Namun, pada tahun 1970, Cryo sempat diragukan karena cara penerapannya pada penderita kanker prostat memiliki efek samping, yaitu adanya komplikasi di kandung kemih.
Tahun 1990, Cryo kembali lagi dilirik dan metode ini digabungkan dengan teknologi Ultrasound.
Sekarang, Cryo dapat dipakai hampir di semua jenis penyakit kanker, entah itu pada tahap awal / sudah memasuki tahap lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *