Kanker,  Kanker Paru-paru

Fakta Mengejutkan! Kanker Paru-Paru Bisa Serang Perokok Pasif

Rokok sudah banyak dikaitkan dengan berbagai macam kanker, terutama kanker paru-paru. Namun, sebenarnya, tidak hanya para perokok aktif saja yang bisa kena kanker. Kanker paru-paru sekarang ini banyak menghantui orang-orang yang tidak gemar merokok. Malahan, para penderitanya yang sudah terjangkit, hanya 15% pasien yang bisa tetap hidup, maksimal dalam jangka waktu 5 tahun saja. Yang menjadi sorotan bagi orang awam ialah faktornya. Rokok pun tercatat dan masuk sebagai awal utama penyakit kanker dapat berkembang dalam tubuh.
Sebagai contoh, ada seorang bapak dari Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bernama Sutopo Purwo Nugroho, yang divonis terkena penyakit tersebut. Beliau menyebutkan, Ia tidak pernah mengkonsumsi rokok, genetiknya tidak bermasalah dan selalu menerapkan gaya hidup sehat. Tetapi, saat dokter mengatakan bahwa Ia sudah mengidap kanker paru-paru stadium 4 sejak awal pertengahan januari, Sutopo seketika itu shock.
Deputi British Lung Foundation, yang diwakili oleh Stephen Spiro menegaskan, kanker paru-paru pada umumnya identik dengan merokok. Padahal, sebelum adanya kebisaan merokok menyebar pada abad ke-20, penyakit ini kerap kali menghampiri para kaum hawa.
Seorang dokter spesialis paru-paru dari RS MRCCC Siloam Semanggi, Sita Laksmi, mengungkapkan, perokok pasif memiliki resiko 4 kali lipat terkena kanker paru-paru, sedangkan perokok aktif beresiko kanker paru-paru hingga 13, 6 kali lipat. Sebab rokok mempunyai efek yang khas, dimana jika kita mencobanya meski hanya sekali, dapat membuat kita kecanduan untuk mencobanya terus-menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *