Kanker

Ini Dia 3 Langkah Utama Pengobatan Penyakit Kanker Setelah Melakukan Pendeteksian

KANKER.NEWS, JAKARTA – Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit dalam kronis yang terus menjadi berbincangan bagi para medis di dunia kesehatan, terkhusus di negara kepulauan, Indonesia.
Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2013, memaparkan, prevalensi kanker di Indonesia tercatat ada sekitar 0,14 atau 347.792 jiwa. Jumlah tersebut bisa saja terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu.
Organisasi kesehatan dunia atau yang sering disebut WHO (World Health Organization) memprediksi akan ada peningkatan jumlah pengidap kanker di Indonesia hingga 7 kali lipat.
Oleh karenanya, sangat perlu dilakukan edukasi yang benar dan tepat bagi masyarakat luas agar dapat melakukan pendeteksian gejala penyakit kanker serta pengambilan langkah medisnya.
Dr. Jeffry B. Tenggara, dari Internist Hermatology-Medical Oncology (consultant) MRCCC Siolam Hospital Semanggi, mengatakan, ada beberapa langkah yang penting sekali diketahui oleh masyarakat perihal penanganan penyakit ganas, yakni kanker.
Beliau mengatakan, pendeteksian kanker dapat dilihat dari 2 jenis gejala, yaitu gejala khusus dan gejala umum. Gejala umum yang muncul biasanya adalah badan mengalami demam yang cenderung tinggi serta berlangsung pada rukun waktu yang sangat lama. Tidak hanya itu, badan pula merasa tidak enak sebab rasa sakit kepala dan ngilu yang berlebihan.
Jeffry juga menambahkan, biasanya pula badan mengeluarkan keringat dengan jumlah yang sangat banyak serta berlangsung terus-menerus. Dan yang terakhir, berat badan dari si pengidap kanker mengalami penyusutan hingga 10 kg, walaupun tidak sedang menjalani diet apapun.
Jeffry menegaskan, hal-hal tersebut adalah gejala-gejala di awal saja dan bisa pula penyebabnya dari penyakit-penyakit lain. Seseorang yang terkena demam tinggi bisa jadi penyebabnya ialah infeksi / auto imun.
Jeffy kembali merambahkan, untuk penyakit kanker ginjal, gejalanya dapat dirasakan dari munculnya nyeri pada bagian pinggang. Hal itu sesuai dengan sumber kanker / source.
Beliau mengatakan, langkah pertama yang diambil oleh pengidap kanker, yaitu penderita harus mengetahui jenis kankernya dengan cara biopsi. Kemudian, langkah kedua, penderita kanker harus melakukan evaluasi menggunakan pet scan / ct scan sebagai alat penentu stadiumnya. Lalu, langkah ketiga, penderita kanker harus menjalani terapi yang sesuai dengan jenis serta stadium kanker dan jika diperlukan pengobatan dengan cara lain, seperti operasi, maka para medis akan melakukan operasi berdasarkan pilihan dari pasien. Dan dari situ, kalian dapat sertakan juga pengobatan secara radiasi atau menggunakan kemoterapi, tergantung dari langkah pertama dan langkah kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *