Kanker,  Kanker Payudara

Jangan Salah! Kaum Pria Juga Dapat Terjangkit Kanker Payudara!

KANKER.NEWS, JAKARTA – Kanker payudara tidak hanya bersahabat dengan kaum wanita saja. Namun, kanker tersebut bisa terjadi pada kaum pria, walaupun hal itu jarang sekali. Kanker payudara pun sebenarnya lebih membahayakan pria daripada wanita.
Pada dasarnya, kaum wanita dan pria sama-sama mempunyai payudara, hanya saja bentuknya yang berbeda. Kanker payudara ini memang jarang terjadi pada pria, karena mereka cenderung terkena kanker paru-paru dan kanker prostat.
Banyak kasus kanker payudara pada pria yang baru diketahui sudah memasuki stadium lanjut. Hal ini disebabkan kkarena tidak tahunya kaum pria akan gejala-gejala dari penyakit kanker payudara. Dan parah lagi, mereka lebih memilih membiarkannya serta tidak berkonsultasi pada dokter padahal sudah muncul benjolan pada payudaranya.
Gejala dan tandanya pun mirip sekali dengan kanker payudara pada wanita.
Klikdokter.com, mengatakan, tanda tersebut memang sering tidak menimbulkan rasa nyeri, namun ada perubahan pada kuit payudara, yakni, berselung / tertarik ke dalam, kemerahan, puting payudara mengeluarkan cairan berupa air susu / darah dan bersisik.
Pemeriksaan diagnosis kanker payudara yang dilakukan pada pria sama dengan yang dilakukan pada wanita, yaitu melakukan periksaan fisik untuk mendeteksi kelainan payudara.
Pengobatan kanker payudara pada pria sama-sama menggunakan terapi hormon, radiasi, pembedahan, dan kemoterapi seperti kanker payudara pada wanita.
90% kanker payudara pria mempunyai reseptor hormon, jadi dapat menggunakan terapi hormon lebih baik daripada wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *