Kanker Darah

Kanker Darah Kronik Kini Suka Menyerang Usia Muda

KANKER.NEWS, JAKARTA – Staf Medis Bidang Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr. Kariadi Semarang, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, bernama Dr. Santosa mengikuti ujian promosi doktor ilmu kedokteran di Ruang Sidang Pascasarjana Universitas Diponegoro / Undip.
Sesuai kutipan yang diterima oleh Tribunjateng.com, hasil temuan Dr. Santosa cukup membuat tercengang. Menurut penelitian di RS Dr. Kariadi, seseorang yang umurnya terbilang masih sangat muda dapat terkena kanker darah kronik / Mieloma Multipel (MM) berjenis sel plasma.
Dr. Santosa mengatakan, dalam 10 terakhir ini muncul pergeseran umur pengidap kanker tersebut. Dari hasil riset buatan dirinya sendiri bersama Kelompok Studi Mieloma Indonesia pada 2008-2009, usia 60 tahun sudah terkena kanker darahi stadium 3. Bergesernya umur itu penyakit-penyakit kankernya belum dapat disembuhkan meskipun sekitar 1 tahun telah banyak memikirkan jalan keluar.
Dan tentang penambahan kurkumin pada penderitanya hanya memperoleh Melfalan Prednison (MP).
Beliau juga menjelaskan, MP bekerja sebagai penghambat sintesis RNA dan DNA. Sifat sitotoksisnya mammpu membelah sel tumor. Efeksifitas dari MP adalah trombosis, eksantema, polineuropati, konstipasi, dan infeksi. Penambahannya sangat berguna untuk penyakit kanker darah kronik karena mempunyai efek sinergi perbaikan hasil terapi hingga meencapai 75%.
Ia mengharapkan agar hasil penelitiannya itu bisa diterapkan oleh pelayanan kesehatan / rumah sakit lain serta para perusahaan farmasi dapat juga memproduksinya dengan harga yang bisa dijangkau seluruh masyarakat.
Harapan ke depannya, dengan adanya tanggung jawab baru, Dr. Santoso bisa terus berkarya di bidang kesehatan dalam kontribusi yang berkesinambungan pada dunia kedokteran, terkhusus Hematologi-Onkologi Medik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *