Kanker,  Kanker Prostat

Negara Inggris Gunakan Anjing Untuk Deteksi Dini Penyakit Kanker Prostat

KANKER.NEWS, JAKARTA – Anjing merupakan hewan yang terbilang ramah dan bisa jadi teman terbaik bagi manusia. Bahkan negara Inggris pun menggunakan anjing untuk ikut dalam pendeteksian dini kanker prostat.
 
Lembaga Medical Detection Dogs (MDD) merupakan lembaga yang melatih beberapa anjing untuk mengenal geejala dini dari kanker prostat. Dengan kemampuan penciuman 40 kali lebih tajam dari manusia, anjing-anjing didikan MDD agar dapat mengenali bau khas urine pasien penderita kanker prostat.
Dikutip dari Daily Mail, Dr. Claire Guest dari CEO Medical Detection Dogs, mengataka, Tes PSA (Prostate-specific antigen) mulai berkurang akurasinya sebaab emuan kasus palsu dengan 3 dari 4 orang yang terdiagnosa tidak terkena kanker. Deteksi lain kanker prostat, juga dapat dilakukan dengan memasukkan jarum ke dalam prostat.
Penelitian soal akurasi MDD kanker prostat yang dipraktikkan bersama Milton Keynes University Hospital, menyatakan tingkat akurasinya cukup tinggi, yaitu sebesar 93%.
Tambahan dari Dr. Claire, bila penelitian sudah selesai, anjing-anjing tersebut dapat mendeteksi kanker dan akan ada terobosan terbaru supaya para pasien penderita kanker prostat bisa terselamatkan.
Penelitian MDD sudah terlaksana sejak tahun 2012 dan cara pemeriksaan kanker prostat oleh anjing-anjing ini hanya memerlukan sampel urine dari para partisipasinya. Akan tetapi, tidak semua anjing dapat menjadi pendeteksi dini kanker prostat karena sifatnya mudah dilatih untuk membantu dokter, tutupnya.
   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *