Kanker Kolorektal,  Kanker Perut

Ngeri! Buang Air Besar Hingga Mengeluarkan Darah Tidak Selamanya Adalah Wasir

KANKER.NEWS, JAKARTA – Berubahnya pola buang air pada seseorang haruslah perlu diperhatikan. Karena bila kalian buang air besar sampai mengeluarkan darah, hal tersebut tidak selamanya merupakan gejala dari terkena wasir, bisa jadi kalian terrserang penyakit kanker kolorektal.
 
Apalagi, diare yang berulang-ulang tiap harinya tanpa bisa disembuhkan dengan obat diare biasa serta tinja yang dihasilkan berukuran kecil-kecil dan keras lauyaknya kotoran kambing, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda gejala dari kanker usus besar.
Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD-KHOM, mengatakan, tanda dari penyakit kanker kolorektal kerap kali disalahpahami oleh sebagian besar masyarakat, khusunya orang awam yang tidak selalu update dengan informasi dunia kesehatan. Masalahnya gejala kanker kolorektal sama seperti wasir dan menimbulkan bercak darah di bagian feses.
Nadia juga menghimbau masyarakat agar berkonsultasi pada dokter bila mengalami gejala mirip seperti diatas agar memastikan.
Menurut Dr. Nadia, salah satu perbedaan tanda-tanda kanker kolorektal dengan wasir ialah letak adanya tonjolan. Pada penyakit wasir, tonjolan yang muncul pada anus dan pada rektum harus dilakukan colok dubur.
Colok dubur adalah proses memasukkan jari pada dubur penderita kanker usus besar yang seringkali diduga terkena wasir. Kata Dr. Nadia, tindakan tersebut tidak dilakukan oleh pasien secara individu dan harus para medis yang melakukannya. Sambung Dr. Nadia, kolonoskopi merupakan tindakan secara individu terhadap usus besar supaya bisa melihat sekaligus memeriksa kemungkinan adanya sel kanker pada rektum / usus.
Penyakit kanker kolorektal dapat menyebabkan penderitanya mengalami penurunan nafsu makan, lemas / lemah lesu dan sakit perut secara terus-menerus hingga mengakibatkan menurunnya berat badan secara drastis. Namun, wasir tidak menyebabkan dampak yang sedemikian rupa, hanya membuat kemerahan dan pembangkakan pada anus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *