Kanker Leukimia,  Kanker Pada Anak

Pendeteksian Penyakit Kanker Leukimia Pada Anak Seringkali Terlambat, Mari Ketahui Gejalanya!

KANKER.NEWS, JAKARTA – Kanker leukimia merupakan penyakit kanker ganas pada sel darah yang berasal dari sumsum tulang manusia. Sumsum tulang yang ada pada dalam bagian tulang adalah pabrik sel darah putih dan merah serta keping darah.
Penyakit kanker jenis ini biasanya ditandai dengan penekanan sel-sel darah putih yang tidak normal pada sel darah normal dan menyebabkan kinerjanya terganggu. Leukimia adalah salah satu penyakit kanker yang sering menghampiri anak-anak, termasuk anak-anak di Indonesia.
Para dokter percaya, lebih dari beberapa kasus kanker yang dialami oleh anak-anak di Indonesia, termasuk juga leukimia, selalu baru dapat ditangani setelah penderita sudah memasuki stadium lanjut.
Menurut dokter hematologi onkologi anak RS Dharmais, bernama Haridini Intan, mengatakan, penting sekali bagi para orang tua untuk mengetahui gejala-gejala dari penyakit kanker leukimia dan dengan segera memeriksakan si anak ke dokter jika mengalami tanda-tanda tersebut.
Dr. Haridini juga mengungkapkan, orang tua harus juga perlu mencurigai munculnya serangan dari kanker leukimia jika anak tersebut nampak lemah dan pucat serta nafsu makan yang tiba-tiba menurun, kejang-kejang, demam tanpa sebab yang jelas hingga menurunnya kesadaran dari anak.
Faktor lainnya, yaitu infeksi tertentu pada si anak, contohnya, infeksi bakteri dan virus yang dapat sebabkan sifat anak berubah drastis. Selain itu, penyebab yang lain lagi ialah kurangnya istirahat, kebiasaan merokok/minum alkohol, kurang beraktivitas fisik, gemar makan makanan instan serta pola gaya hidup yang tidak signifikan bisa meningkatkan resiko dari kanker leukimia. Kementrian Kesehatan mencatat adanya 16 ribu kasus kanker pada anak mulai dari umur 0-14 tahun setiap tahunnya dan 100-130 kasus kanker yang ditemukan pada 1 juta anak di Indonesia.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *