Kanker,  Makanan

Penyakit Kanker Dapat Di Sembuhkan Dengan Buah Sirsak, Benarkah Demikian?

Akhir-akhir ini, banyak sekali bermunculan kabar tentangg pengobatan penyakit kanker mulai dari kencing unta untuk kanker hingga penyembuhan memakai buah sirsak. Di kalangan medis sudah tidak asing lagi dengan buah berbintil-bintil yang memliki khasiat ini.
Tetapi, yang menjadi pertanyaan adalah apakah benar sirsak dapat menjadi alternatif penyembuhan penyakit kanker? mitos atau faktakah itu? Mari kita mengenal buah sirsak yuk!
Sirsak ialah nama buah yang dihasilkan dari suatu pohon cemara kecil yang bernama Graviola. Mulai dari biji, batang, daun, tangkai serta buahnya dari dulu sudah menjadi bahan pembuatan obat-obatan. Pohon buah sirsak ini ditemukan di benua Afrika, Amerika Utara, dan Asia Tenggara.
Masyarakat di Amerika Utara serta Afrika menggukan akar, ranting, daun dan buah sirsak untuk menyembuhkan infeksi bakteri dan parasit, depresi, rematik, arthritis serta penyakit-penyakit lainnya.
Terkait dengan penyakit kanker sendiri, hal tersebut sudah terbukti dari beberapa studi laboratorium terbaru menyatakan, esktrak buah sirsak dapat membunuh beberapa jenis sel-sel kanker payudara dan kanker hati yang sifatnya resisten terhadap obat kemoterapi tertentu. Kandungan zat kimia pada sirsak dapat pula mempunyai kemampuan untuk mencegah sel-sel kanker.
Sebuah studi tahun 2016, menemukan esktrak dari pohon sirsak ternyata memang memiliki efek anti-kanker di sel-sel kanker payudara. Bukan cuma itu saja, studi yang dilakukan tahun 2012 menuturkan bahwa ekstrak sirsak dapat juga sebagai penghambat tumbuhnya sel-sel kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker usus, kanker hati dan kanker prostat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *