Kanker,  Kanker Kolorektal

Sering Menonton Televisi? Awas! Kanker Usus Bisa Mengintai Nyawamu

Apakah kalian suka melihat laga sepakbola? atau film horor? pasti kalian melihatnya hingga larut malam bahkan sampai berganti hari. Tak jarang pula kebiasaan buruk ini masih saja kalian pelihara. Perlu diketahui, bahwa menonton televisi lebih dari 4 jam sehari dapat beresiko terkena penyakit-penyakit berbahaya.
Diambil dari kompas.com, penelitian sebelumnya menyebutkan tingkat aktivitas yang tinggi bisa menurunkaan resiko penyakit mematikan, seperti kanker usus besar.
Sekarang ini, tim peneliti dari Inggris telah menemukan konsistensi hubungan aktivitas fisik dengan kanker usus besar beserta sampel penelitian berjumlah 430.000 wanita dan pria.
Hasilnya pun menunjukkan gaya hidup kurang bergerak / sedentari, seperti menonton televisi terlalu lama atau bermain di depan komputer secara berlebihan, 35% dapat meningkatkan resiko kanker usus pada pria, tetapi tidak berlaku pada wanita.
Ketua peneliti, dr. Neil Murphy, hal diatas mungkin ada kaitannya dengan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya, yakni merokok, makan camilan terlalu banyak, dan minum apapun yang bersoda.
Emma Shields dari Cancer Research UK juga mengatakan, kanker usus pada umumnya berawal dari bagiaan rektum. Ada hal menarik dari pernyataan beliau bahwa televisi berdampak kanker karena menyediakan beragam iklan makanan tidak sehat.
Tambahan dari Emma, para pria dianjurkan agar tidak melihat televisi secara berlebihan dan berusaha agar tidak merokok karena berpengaruh besar terhadap kesehatan, termasuk dapat terserang bahaya penyakit mematikan, seperti kanker usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *