Kanker,  Kanker Paru-paru

Simaklah! Inilah Sisi Baik dari Kanker Paru-Paru yang Perlu Kalian Ketahui

KANKER.NEWS, JAKARTA – Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang tergolong sangatlah berakibat fatal bagi kesehatan jika tidak segera mendapat pertolongan intensif secara benar.
 
Akan tetapi, tidak disangka-sangka, kanker jenis ini merupakan kanker misterius yang masih mempunyai kebaikan. Penyakit kanker pada umumnya adalah penyakit keturunan / gen. Apabila ada salahsatu gen yang terganggu, maka dapat menimbulkan masalah serta mengakibatkan gen bekerja dengan tidak semestinya. Proses pertumbuhan sel kanker pun berbeda-beda, tergantung jenis kanker yang diderita.
Dr. Elisna Syahruddin, PhD, Sp.P(K), selaku Spesialis Paru-Paru, Pernapasan dan Konsultan Onkologi Paru-Paru serta Mediastinum, mengatakan, kanker paru-paru dianggap jenis kanker baik karena pertumbuhannya yang sangat lambat. Pada sebuah penelitan, menunjukkan bahwa sel kanker paru-paru tumbuh hingga 1 cm dengan waktu prosesnya selama 10 tahun / lebih.
Permasalahannya ialah organ vital paru-paru cenderung lebih luas dibanding dengan payudara / mulut rahim sehingga membuat keberadaan sel kanker paru-paru sulit sekali untuk dideteksi. Oleh sebab itu, kanker paru-paru selalu baru bisa ditemukan setelah sudah memasuki stadium akhir.
Kemungkinan lain pula, paru-paru dapat rusak karena adanya invasi sel kanker dari organ tubuh yang lain. Sel kanker paru-paru memiliki kemampuan, seperti bermetastasis, yaitu penyebaran hingga ke bagian tubuh lain.
Salah satu dokter dari RS Persahabatan Jakarta juga menyampaikan, organ paru-paru merupakan tempat pembersihan darah yang biasanya menyebar sampai ke kelenjar getah bening.
Dr. Elisna juga menyebutkan, ada sekitar 40 penderita kanker paru-paru yang rata-rata didominasi oleh para pria yang berumur mulai dari 40 tahun keatas yang faktor utamanya adalah kebiasaan merokok yang seringkali tidak bisa ditinggalkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *