Kanker,  Kanker Darah

Simaklah Sejenak! Inilah Beberapa Bahaya dari Leukimia Beserta Gejala-Gejalanya

KANKER.NEWS, JAKARTA – Menurut para medis, leukimia adalah salah satu penyakit ganas yang menyerang sel darah dari sumsum tulang pabrik sel darah putih, sel darah merah serta keping darah.
Penyakit kanker jenis ini biasanya ditandai dengan muncul penekan pada sel-sel darah putih yang tidak normal terhadap sel darah normal yang sebabkan fungsinya bisa terganggu.
Leukimia juga suka sekali menyerang anak-anak, termasuk anak-anak di Indonesia dan sudah menimbulkan kematian dengan jumlah kasus yang cukup banyak. Kalangan dokter dan para ahli mempercayai, lebih dari separuh jumlah kasus kanker yang diidap oleh anak-anak di Indonesia, leukimia masuk dalam kategori ini. Penanganannya pun harus dengan fasilitas kesehatan yang baik, apalagi jika sang anak penderita kanker tersebut sudah memasuki stadium lanjut.
Seorang dokter cantik ahli hematologi onkologi anak dari RS Dharmais, mengatakan, jika ada seorang anak yang wajahnya berubah menjadi pucat, berat badanya menurun secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, sering  rewel dan nafsu makannya juga menurun, kejang-kejang sampai kehilangan kesadaran dan terkena demam tanpa sebab yang jelas itu semua adalah gejala yang signifikan dari penyakit leukimia. Tidak hanya itu, sang anak penderita leukimia juga bisa mengalami pendarahan spontan / pendarahan kulit,merasakan nyeri di bagian tulang  yang tidak tertahankan.
Perlu kalian ketahui, kanker yang menyerang anak-anak tidak sama dengan kanker yang diderita oleh orang dewasa. Sebab, penyakit kanker yang menjangkiti anak-anak pada dasarnya tidak dapat dicegah dengan mudah, sedangkan untuk orang dewasa masih bisa dicegah.
Radiasi pula memiliki peranan penting dalam terjadinya kanker karena faktor lingkungan. Radiasi yang dimaksud ialah tidak hanya dari barang-barang elektronik / sinar radioaktif, bisa juga dari barang-barang disekitar, termasuk barang-barang rumah tangga.
Kementrian Kesehatan telah mencatat ada sebanyak 16.0000 kasus penyakit kanker yang diderita sebagian besar anak-anak Indonesia setiap tahunnya serta sebanyak 100-130 kasus kanker ditemukan pada setiap 1 juta anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *