Kanker,  Kanker Tiroid

Tidak Hanya Wanita, Pria Juga Dapat Terjangkit Penyakit Kanker Tiroid Lho!

KANKER.NEWS, JAKARTA – Gondok nodul ganas atau yang sering disebut kanker tiroid ini sekarang tidak hanya menyerang kaum wanita saja, namun kaum pria pun dapat terserang kanker tersebut. Umumnya, kanker tiroid pada wanita berupa struma / pembesaran tiroid dan kekurangan / kelebihan hormon tiroid, hingga mampu mengganggu masa kehamilan.
Menurut Dr. Faizal, dokter spesialis endoktrin anak dari RS Hasan Sadikin, mengatakan, penyakit tiroid ialah adanya gangguan pada kelenjar tiroid yang berjalan tidak normal sehingga hormon tiroid pun jumlahnya dapat berkurang (Hipotiroid). Fungsi dari kelenjar tiroid sendiri adalah untuk mengatur proses metabolisme dalam tubuh, termasuk pertumbuhan dan pengeluaran energi, sambung Dr. Faizal.
Dr. Faizal juga menambahkan, gejala dari kanker tiroid yang sering muncul adalah depresi, sembelit, dan lemas. Hal itu didukung oleh segala sesuatu yang ada pada tubuh yang bekerja terlalu cepat, contohnya seperti, jantung berdetak kencang, mengeluarkan banyak keringat, gerogi dan berat badan turun secara drastis.
Dr. Faizal menjelaskan, kanker tiroid perlu penanganan yang terencana dan memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan hingga sampai seumur hidup. Bila tidak mengerti penyakit serta tata cara penanganan yang benar, pengobatan tidak akan sempurna dan mungkin juga mengganggu kualitas hidup penderita, ujar Dr. Faizal. Jumlah kasus kanker tiroid setiap tahunnya terus meningkat, walaupun tidak ganas, namun sifatnya mirip dengan kanker.
Ciri tiroid pada pria biasanya menghinggapi pria yaang usianya masih 15 tahun dan dibawah usia 45 tahun dengan suara yang serak, tumbuhnya nodul, pembesaran kelenjar getah bening, lodium rendah dan terdapat soliter / penyebaran jauh.
Memang di dunia medis, penyakit tiroid masih kalah populer dengan penyakit jantung / diabetes mellitus. Akan tetapi, dampak kelainannya menjadi masalah kesehatan nasional, bahkan internasional. Menurut data dari Kementrian Kesehatan, 12% orang dewasa menderita kelainan tiroid dalam bermacam bentuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *