Kanker,  Kanker Testis

Umur Masih Muda, Kanker Testis Pun Bisa Mendatangi Kalian Kapan Saja!

KANKER.NEWS, JAKARTA – Kanker di zaman sekarang, tidak memandang jenjang usia manapun. Bahkan, laki-laki yang masih berumur 15-35 tahun cenderung paling banyak terancam penyakit kanker, terutama kanker testis.
Kanker testis adalah salah satu jenis penyakit kanker yang sering terjadi pada laki-laki berusia sangat muda. Bila dibandingkan dengan kanker prostat, kanker jenis ini sama-sama tidak bisa dibiarkan begitu saja.
Perlu kalian ketahui, penting sekali bagi laki-laki muda untuk mengenali penyebab-penyebab dari kanker testis, karena 95% pasienyang mengidap penyakit kanker tersebut harapan hidupnya hanya dalam jangka waktu 5 tahun.
Berikut Ciri-Ciri dari Kanker Testis :
Tumbuh payudara
Mudah lelah
Timbul rasa sakit pada testis
Timbul benjolan pada testis
Pembengkakan pada testis
Dari 5 ciri-ciri tersebut, dokter menyarankan agar pria mau memeriksakan kesehatannya secara rutin. Hal itu dapat menjadi solusi pencegahan dari kanker testis. Pemeriksaan pun dilakuakan ketika sedang / sesudah mandi, saat kulit skrotum rileksasi.
Disini saya juga sudah memaparkan beberapa cara pengecekan testis :
Berdiri di depan cermin dengan posisi tubuh telanjang, alangkah baiknya setelah selesai mandi.
Lalu, angkat salah satu kaki kalian untuk meliaht secara jelas skrotum dengan mata.
Kemudian, rabalah bagian skrotum dengan teliti menggunakan jari-jari kalian. Rasakan pula apakah ada bengkak / benjolan pada kulit skrotum.
Selanjutnya, pastikan ukuran kedua testis tidak ada yang berlainan.
Dokter juga akan membantu lewat pemeriksaan pada bagian perut, selangkangan, dan beberapa bagian tubuh kalian yang lain. Dokter pun mengajak kalian pula mengikuti tes USG untuk melihat skrotum testis, mungkin tumbuh tumor ganas pada testis kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *