Kanker,  Kanker Otak

Wow! Lewat Alis Kalian Bisa Tangani Penyakit Kanker Otak, Lho!

KANKER.NEWS, JAKARTA РSampai beberapa tahun terakhir yang lalu, operasi untuk penyakit kanker otak di Indonesia masih memakai metode konvensional dengan cara membuka tempurung kepala. Metode yang berdarah-darah ini seringkali ditakuti oleh sebagian besar pasien penderitanya.  
Akan tetapi, kini operasi tumor otak dapat dilakukan dengan cara lain tanpa harus takut dan ngeri dengan darah yang berasal dari tempurung kepala kalian. Metode atau cara baru ini memakai alis mata untuk melakukan operasi tumor otak.
Seorang dokter bernama dr. Agus C. Anab, SpBS, menjelaskan, beliau mempionirkan teknik itu di Indonesia sejak tahun 2017 lalu dan diberi nama metode keyhole surgery supra orbital approach. Teknik ini bekerja dengan cara melubangi sedikit saja alis mata kalian, kurang lebih 1,5 cm.
Dokter yang akrab disapa Aca ini mengaku bahwa teknik temuan Alex Pernezky tahun 1999 tersebut dipakai untuk mengangkat semua jenis tumor di bagian dasar tengkorak, bagian depan, parasela, hidung, atas kepala dan belakang kepala.
Dalam melaksanakan operasi ini, dokter memerlukan bantuan penglihatan ekstra berupa endoskop dan mikroskop untuk melihat sampai sedalam mana titik objeknya. Kemudian, dokter mengambil gumpalan tumor sedikit demi sedikit tanpa menyentuh bagian lainnya.
Aca juga menambahkan, metode operasi ini dilangsungkan selama kurang lebih 1 sampai 2 jam. Perawatan lewat metode ini pun berbeda dengan  kemoterapi dan radiasi. Peminimalan akan otak sehat perlu ditekankan dalam hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *